Jenazah Tidak Boleh Menginap Semalaman, Buya Yahya: Apapun Tradisinya, Jangan Tunda Pemakamannya

Jenazah Tidak Boleh Menginap Semalaman
Buya Yahya


banner 800x800

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idDalam ceramahnya, Buya Yahya menjelaskan alasan jenazah tidak boleh Menginap dan berpesan agar segera menguburkannya.

Proses hukum mengurus orang meninggal adalah fardhu kifayah. Dalam hal ini, Nabi SAW menganjurkan untuk mempercepatnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun dalam praktiknya terkadang timbul permasalahan, misalnya karena tradisi di suatu tempat atau bahkan ekspektasi menunggu anggota keluarga tertentu.

Hal ini seringkali membuat pemakaman menjadi tertunda, yang otomatis menyebabkan pemakaman menjadi tertunda.

Parahnya, beberapa orang memperpanjang penguburan lebih dari dua hari.

“Kita menemukan sebagian orang ditunda sampai berlama lama, sehari kadang-kadang dua hari, harusnya bukan begitu,” kata Buya Yahya dalam ceramahnya dilansir dari kanal YouTube Al Bahjah pada Kamis (6/6/2024).

Buya Yahya yang juga sebagai pendiri Pondok Pesantren LPD Al Bahjah Cirebon ini mengatakan, dengan alasan apa pun tidak boleh menunda pengkuburan jenazah apalagi sampai diinapkan.

“Mayat janga diinapkan di rumah lama-lama, tradisi apapun tetap nggak bener, tradisi siapapun, meskipun ada tradisi dari mbah keturunan gak boleh,” sambung Buya Yahya.

Dalam hal menguburkan jenazah, Rasulullah dalam hal ini juga menganjurkan untuk menyegerakannya.

“Wong Nabi mengatakan lebih cepat lebih bagus, kok nginap, ‘ini karena tradisi di kampung ini, ini kampungnya para orang-orang terkasih Allah’, ini Nabi mengatakan percepat,” timpal Buya Yahya.

Buya Yahya kemudian mengungkap alasan mengapa harus menyegerakan pengkuburan jenazah.

Adapun alasan tersebut adalah, agar orang yang mengurus jenazah bisa segera beristirahat.

Alasan selanjutnya adalah, apabila jenazah tersebut semasa hidupnya termasuk orang baik, maka almarhum bisa segera menikmati alam barzah jika disegerakan pengkuburannya.

“Kenapa? ini yg bakal merawat jenazahnya dia juga pengen istirahat yang gali kubur sebagainya, semuanya. Dan kalau memang mayat ini adalah mayat yang baik biar segera menikmati kenikmatan alam barzah. Kalau mayat ini tidak baik, jangan lama-lama di rumah,” pungkas Buya Yahya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *