Kultum 478: Manfaat Bacaan Al-Qur’an untuk Kesehatan

Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Berbagai media memperkirakan bahwa lebih dari 350 juta orang di seluruh dunia menderita akibat negatif dari depresi. Antidepresan direkomendasikan oleh dokter sebagai pengobatan, tetapi alih-alih pemulihan penuh, cukup banyak pasien yang terkena efek obat yang serius dan berbahaya, bersama dengan pemulihan sebagian atau tidak sama sekali.

Spiritualitas sering kali didasarkan pada penanganan masalah mental atau stres. Pengaruh iman sekarang dianggap tidak hanya sebagai masalah iman, tetapi juga ilmu pengetahuan. “Keajaiban pemulihan spiritual harus dianggap sebagai teknologi medis terbaru”, kata dr. C. Callender, Kepala Departemen Bedah di Universitas Howard, Washington DC, USA. Apa yang disampaikan dr. Callender ini bukan hal yang baru, karena sejak 1400 tahun lalu sebuah ayat dalam al-Qur’an sudah ada yang terbaca,

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ قَدۡ جَآءَتۡكُمۡ مَّوۡعِظَةٌ

مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوۡرِۙ

وَهُدًى وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ

Artinya:

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman (QS. Yunus, ayat 57).

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa membaca atau mendengarkan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan umum bersama dengan stres, kesehatan mental dan memori. Stres dapat membuka jalan bagi perkembangan banyak penyakit, berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh, dan seiring waktu, lingkungan yang lebih kondusif dan lebih asam terjadi di tubuh kita untuk penyakit. Sistem kekebalan dan sistem saraf sangat erat hubungannya, dan otak dan sistem kekebalan berinteraksi secara rutin baik dalam penyakit maupun kesehatan.

Hal ini adalah kondisi yang Allah Subhanahau wata’ala nyatakan dalam Al Qur’an bahwa mereka yang jauh dari spiritualitas hidup dengan tekanan seperti itu,

وَمَنۡ اَعۡرَضَ عَنۡ ذِكۡرِىۡ فَاِنَّ لَـهٗ مَعِيۡشَةً

ضَنۡكًا وَّنَحۡشُرُهٗ يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ اَعۡمٰى‏

Artinya:

Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta (QS. Taha, ayat 124).

Amalan Yang Bisa Mencegah Siksa Kubur
membaca Al-Quran/pexel

Beberapa studi ilmiah tentang efek kesehatan positif dari Al-Qur’an telah terbukti effektif sebagai penyembuhan. Pertama, faktor-faktor penting dalam penguatan daya ingat mengarah pada perkembangan proses belajar siswa. Metode yang berbeda dirancang di bidang ini, tetapi kami tidak dapat menerima dan merealisasikan semuanya untuk siswa dari berbagai usia. Namun, dengan mendengarkan Al-Qur’an, selama 15 menit sehari, kita dapat meningkatkan daya ingat siswa tanpa menggunakan keterampilan atau pelatihan lain.Oleh karena itu, pusat akademik dan administrator sekolah disarankan untuk menggunakan strategi ini sebagai teknik penguatan memori dan untuk mengamati prestasi siswa mereka.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *