Cara Menghilangkan Formalin pada Mi Basah, Ikan, dan Tahu

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idFormalin merupakan salah satu bahan kimia untuk mengawetkan mayat. Tidak sedikit pedagang yang curang menggunakan bahan kimia tersebut pada berbagai macam makanan diantaranya adalah mie, tahu, dan ikan.

Tentu saja jika makanan yang sudah dicampur dengan formalin sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Bahkan yang lebih parah bisa menimbulkan keracunan sampai kematian.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai konsumen sudah pasti akan merasa was-was. Akan tetapi sekarang tidak usah khawatir, karena terdapat cara untuk mengatasinya.Sebagaimana yang dilansir hajinews.jd dari akun Facebook @Saran Sehat pada 20 Desember 2020, berikut ini adalah cara menghilangkan formalin pada mi, tahu, dan ikan.

1. Cara Menghilangkan Formalin pada Mi Basah

Tidak sedikit penjual yang curang menggunakan formalin agar mi basah bisa tahan lebih lama dibanding menggunakan bahan pengawet makanan biasa. Untuk menghilangkan formalin pada mie basah, cukup rendam mi menggunakan air panas selama 30 menit. Cara tersebut, dipercaya ampuh mampu menghilangkan formalin yang terdapat di dalamnya sampai 100%. Jika sudah direndam, cuci kembali menggunakan air biasa agar sisa formalin benar-benar tidak menempel.

2. Cara Menghilangkan Formalin pada Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang banyak digemari. Namun sayangnya terdapat oknum pedagang yang menjual curang agar tahu bisa tahan lama dengan menambahkan campuran formalin.Namun tidak usah khawatir, karena terdapat cara sederhana untuk menghilangkannya. Diantaranya adalah merebus tahu sampai mendidih lalu menggoreng atau mengolahnya. Selain itu merendam atau mengukus pun bisa dilakukan untuk menghilangkan formalin pada tahu. Akan tetapi cara tersebut tidak bisa menghilangkan kandungan seluruhnya, yakni hanya sebagian kandungan formalin saja.

3. Cara Menghilangkan Formalin pada Ikan Asin

Selain mi dan tahu, ikan asin pun salah satu makanan yang banyak dicampur dengan formalin oleh para pedagang curang. Akan tetapi untuk menghilangkan formalin pada ikan asin, cukup rendam pada larutan air garam. Dengan merendamnya pada larutan garam, maka kandungan formalin yang terdapa dalam ikan asin akan hilang sebanyak 89.5%. Sedangkan jika direndam pada air biasa kandungan formalin yang hilang hanya 61.25%.

4. Cara Menghilangkan Formalin pada Ikan Segar

Bukan hanya ikan asin, ikan segar pun turut dicampuri dengan formalin agar bisa bertahan awet dan segar. Cara menghilangkan formalin pada ikan segar berbeda dengan ikan asin. Jika pada ikan asin menggunakan larutan garam, pada ikan segar cukup rendam ikan segar selama 15 menit pada campuran air cuka dan air yang konsentrasinya mencapai 5%.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *