Apa Itu Hernia? Pelajari Lebih Lanjut Tentang Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Apa Itu Hernia?
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Hernia Inguinalis

Ini adalah jenis hernia yang paling banyak terjadi. Hernia inguinalis terjadi ketika usus terdorong melalui robekan pada dinding perut bagian bawah, kerap kali pada kanal inguinalis. Hernia tipe ini lebih sering terjadi pada laki-laki lantaran testis turun melalui kanalis inguinalis sesaat setelah lahir.

  1. Hernia Hiatus

Hernia tipe hiatus terjadi saat sebagian perut menonjol melalui diafragma ke dalam rongga dada. Hernia satu ini kerap menyerang orang berusia di atas 50 tahun. Apabila ada seorang anak yang mengalami hernia hiatus, maka penyebabnya bisa jadi kelainan bawaan lahir.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Hernia Umbilikalis

Jenis hernia umbilikalis terjadi ketika usus menonjol melalui dinding perut dekat pusar. Umbilikalis merupakan tipe hernia yang mampu hilang dengan sendirinya seiring bertambah kuatnya dinding otot perut.

Hernia tipe ini bisa dialami oleh anak-anak maupun bayi. Orang tua memungkinkan dapat melihat benjolan hernia ini di dekat pusar, terutama saat anak menangis. Meski begitu, orang dewasa juga dapat mengidap hernia umbilikalis.

  1. Hernia Ventral

Hernia ventral terjadi saat organ atau jaringan menonjol melalui lubang di otot perut. Jenis ini dapat timbul pada bayi sejak lahir, tapi lebih sering muncul ketika melakukan aktivitas pemicu. Ukuran tonjolan hernia ventral dapat mengecil saat pengidapnya berbaring.

Pengobatan Hernia

Ada sejumlah pengobatan yang dapat dilakukan untuk penyakit hernia, yakni:

  1. Pembedahan

Pembedahan menjadi satu-satunya pengobatan hernia yang efektif. Tapi, perlu atau tidaknya operasi tergantung pada ukuran benjolan hernia dan tingkat keparahan gejala yang dialami pasien. Adapun dokter hanya akan memantau kondisi hernia jika kemungkinan terjadi komplikasi yang berbahaya.

  1. Memakai Truss

Dalam sejumlah kasus, memakai truss mampu bantu meringankan gejala hernia. Truss sendiri adalah pakaian dalam khusus yang berguna untuk menahan organ yang menonjol akibat hernia untuk tetap di tempatnya.

  1. Konsumsi Obat

Penderita hernia hiatus memungkinkan diberi obat minum dari dokter bisa meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman pada sekitar area tonjolan. Di antara obat yang diresepkan dokter, seperti antasida, antagonis H2 atau penghambat reseptor H2, dan penghambat pompa proton.

Itulah informasi mengenai penyakit hermina beserta penyebab, gejala, pengobatan, dan tipe-tipenya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *