Kultum 291: Empat Fakta Ilmiah Berdasarkan Al-Qur’an

Empat Fakta Ilmiah Berdasarkan Al-Qur’an
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Fakta yang juga mencengangkan dalam Al-Qur’an adalah tentang “Ekspansi Alam Semesta”. Jadi, alam semesta ini mengalami perkembangan atau perluasan. Pada saat ilmu Astronomi masih primitif, perluasan alam semesta dijelaskan dalam Al-Qur’an,

وَالسَّمَاۤءَ بَنَيْنٰهَا بِاَيْىدٍ وَّاِنَّا لَمُوْسِعُوْنَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artinya:

Dan Kamilah yang telah membangun Alam Semesta dengan kekuatan [Kreatif Kami] dan terus mengembangkannya (QS. Az-Zariyat, ayat 47).

Fakta bahwa alam semesta mengembang telah disebutkan dalam Al-Qur’an 1400 tahun lalu, tetapi baru diketahui pada abad ke-20. Fisikawan Stephen Hawking dalam bukunya ‘A Brief History of Time’ menulis, “Penemuan bahwa alam semesta mengembang adalah salah satu revolusi intelektual besar abad ke-20”. Hebatnya, Al-Qur’an menyebutkan perluasan alam semesta bahkan sebelum penemuan teleskop.

Fakta ilmiah yang juga membelalakkan adalah tentang ‘Orbit Matahari’. Pada tahun 1512 astronom Nicholas Copernicus mengajukan teori bahwa “Matahari tidak bergerak di pusat tata surya, dan bahwa planet-planet berputar mengelilinginya”. Keyakinan bahwa Matahari tidak bergerak tersebar luas di kalangan astronom hingga abad ke-20.

Saat ini sudah merupakan fakta ilmiah yang mapan bahwa Matahari tidak diam, tetapi bergerak dalam orbit di sekitar pusat galaksi Bima Sakti kita. Di dalam Al-Qur’an disebutkan sebagaimana Allah berfirman,

وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ

وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَۗ كُلٌّ فِيْ

فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ

Artinya:

Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan, masing-masing beredar pada orbitnya (QS. Al-Anbiya’, ayat 33).

Bagi para astronom, Al-Qur’an terasa salah, meski hanya beberapa dekade yang lalu. Tapi kita saat ini tahu bahwa catatan Al-Qur’an tentang gerakan matahari konsisten dengan Astronomi modern. Sungguh merupakan fakta ilmiah yang luar biasa. Akan lebih terasa luar biasa jika kita menyadari bahwa fakta ilmiah ini sudah dikemukakan 1400 tahun yang lalu. Allahu ya’lam.

Semoga yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *