Yang Disalahartikan Soal Sedekah Subuh, Ini Kata Buya Yahya

Yang Disalahartikan Soal Sedekah Subuh
Buya Yahya
banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.co.idUlama kharismatik K.H. Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menjelaskan kesalahpahaman umum masyarakat tentang sedekah subuh. Hal tersebut diungkapkan Buya Yahya saat ada pertanyaa waktu sedekah subuh yang tepat.

“Assalamualaikum Buya. Saya Rizky dari Banyumas. Kalau saya mau sedekah subuh yaitu berupa uang yang sudah saya kumpulkan di rumah yang akan saya sedekahkan ke masjid, itu waktunya harus waktu subuh atau boleh di waktu lain tanpa mengurangi pahala sedekah subuh? Mohon penjelasannya Buya,” tanyanya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Selasa (23/1/2024).

Bacaan Lainnya


Buya Yahya mengatakan, pada pada prinsipnya sedekah bisa dilakukan kapan saja. Lebih cepat lebih bagus, apalagi jika sudah tahu siapa yang membutuhkannya.

“Adapun masalah sedekah subuh, tidak ada kekhususan sedekah subuh. Selama ini kita ramai mendengar tentang istilah Sahabat Sedekah Subuh,” kata Buya Yahya.

Buya Yahya mengutip salah satu hadis tentang keutamaan sedekah pagi hari. “Bergegaslah di pagi-pagi hari engkau bersedekah untuk menolak bala. Sebab, bala itu tidak akan bisa melewati sedekah.”

Hadis Keutamaan Sedekah Subuh

Akan tetapi, kata Buya Yahya, para ulama memandang hadis ini bukan sebagai hadis yang bisa dipakai. Bahkan, Ibnu jauzi sendiri menggolongkan hadis ini dalam hadis-hadis yang tidak benar.

Buya Yahya lantas mengutip hadis nabi lain riwayat Imam Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW bersabda,

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’”

“Maka bisa saja sedekah subuh dimasukkan dari sini supaya kita dapat doanya malaikat dari pagi-pagi, boleh saja. Artinya, biarpun siang doanya tetap dapat karena itu dari pagi. Setiap hari itu mendoakannya kapan? Ya sehari itu mendoakan malaikat itu, bukan di pagi saja,” kata Buya Yahya.

Soal Sedekah Subuh

Buya Yahya tidak menyalahkan orang yang yang menyemarakkan gerakan sedekah subuh. Hanya saja, kata Buya Yahya, tidak ada ada dalil yang mengkhususkan sedekah subuh. Adapun terkait sedekah yang didoakan malaikat, menurut Buya Yahya sedekahnya tidak harus pagi.

“Sedekahnya tidak harus pagi, mungkin siang. Maka masalah kebaikannya dikembalikan kepada yang memerlukannya,” tutur Buya Yahya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *