Ustadz Adi Hidayat Menjelaskan Cara Mengatasi Hambatan Dalam Berdoa Dengan Amalan Sederhana

Hambatan Dalam Berdoa Dengan Amalan Sederhana
Ustadz Adi Hidayat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idUstadz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan cara menghilangkan hambatan dalam berdoa dengan melakukan amalan yang sangat sederhana.

Siapa di antara kita yang doanya tidak terjawab? Ibarat sebuah penghalang yang menghalangi kita untuk berdoa kepada Allah. Jika ada yang berpikiran seperti itu, sebaiknya kita membaca pernyataan Ustadz Adi Hidayat sampai habis.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam hidup kita pasti akan mengalami berbagai macam kondisi. Terkadang kondisi baik, terkadang kondisi buruk.

Ketika sedang dalam kondisi buruk, yang sering kita lakukan adalah berdoa dan memohon segala keburukan yang terjadi segera diangkat oleh Allah dan diganti dengan kondisi yang baik.

Akan tetapi sering terjadi juga, doa yang kita panjatkan tak kunjung dikabulkan oleh Allah. Berulang kali memohon dengan sholat, puasa, doa, tahajud dan dzikir tapi tetap saja tidak merubah keadaan menjadi lebih baik.

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan jika hal itu terjadi pada kita, maka kita harus waspada. Tidak terkabulnya doa itu disebabkan karena ada sekat penghalang antara kita dengan Allah. Sehingga doa yang dipanjatkan selalu mental dan tidak sampai kepada Allah.

Lalu apa yang harus dilakukan jika hal itu terjadi pada diri kita, simak penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat berikut:

“Ada orang yang memang ketika berdoa kepada Allah, doanya selalu tertolak itu karena dalam dirinya ada sekat penghalang, doanya tidak pernah sampai,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa orang ini doanya rajin tapi Allah tidak pernah kabulkan doa-doanya. Ini juga pernah terjadi pada seorang sahabat di zaman nabi yang doanya selalu tertolak.

“Maka kata nabi, banyak orang diantara kita yang tak mungkin doanya terkabul karena ada sekat dalam dirinya, diantaranya dia makan yang haram, minum yang haram, berpakaian dari yang haram, dan perangkat hidupnya dari yang haram,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

Merujuk pada kisah dari sahabat dan sabda Nabi Muhammad, maka kita bisa simpulkan bahwa ada 2 sekat penghalang terkabulnya doa.

Sekat penghalang doa:

  1. Orang yang maksiat belum bertaubat
  2. Orang yang makan, minum, berpakaian dan hidupnya dengan barang yang haram

Lalu apa amalan yang harus dilakukan supaya sekat penghalang itu bisa hilang?

Cara satu-satunya adalah bertaubat

Bertaubat atas perbuatan maksiat yang pernah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Serta bertaubat akan makanan, minuman, pakaian dan segala barang yang haram.

Langkah-langkah menghilangkan sekat doa:

  1. Bertaubat dan perbanyak istighfar
  2. Hilangkan kebiasaan makan dan minum yang haram
  3. Perbanyak sedekah
  4. Menjaga diri dari perbuatan maksiat

Lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin supaya diri kita cepat bersih dari sekat penghalang doa. Awalnya akan terasa berat karena belum terbiasa.

Biasakan lakukan amalan dengan baik dan selalu memohon kepada Allah supaya diberikan keistiqomahan. Dimana pun dan kapan pun selalu mendekatkan diri kepada Allah. Semoga kita bisa terhindar dari masalah ini dan ke depan selalu diberi kemudahan oleh Allah.(*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *