Kultum 394: Tarawih 11 Rakaat Khusuk atau 23 Rakaat Ngebut

Tarawih 11 Rakaat Khusuk
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Dalam hal tarawih, ada tiga pendapat ulama. Pertama, ada ulama yang berpendapat banyak raka’at itu lebih afdhol. Pendapat ini didasarkan pada ulama Mazhab Maliki dan Mazhab Hambali. Mereka berdalil dengan hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Kondisi terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika dia sujud. Maka perbanyaklah doa di saat sujud” (HR. Muslim). Mereka menyimpulkan bahwa dengan memperbanyak raka’at, maka akan juga memperbanyak sujud.

Kedua, ada ulama yang berpendapat bahwa memanjangkan bacaan lebih afdhol walau raka’at sedikit. Pendapat ini didasarkan pada ulama Mazhab Hanafi dan Maliki, dan mereka berdalil pada hadits dari sahabat Mughiroh bin Syu’bah beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sering salat malam sampai telapak kaki atau paha beliau bengkak. Lalu ada bertanya kepada beliau mengapa salat malam sampai bengkak seperti itu kakinya? Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab, ‘Tidakkah aku layak menjadi menjadi hamba Allah yang bersyukur?’” (HR. Bukhori dan Muslim).

Ketiga, ada pula ulama yang berpendapat keduanya sama-sama afdhol, dan ini didasarkan pada pendapat Mazhab Hambali. Hal ini berdasarkan hadits Hudzaifah bin al-Yaman radhiyallahu ‘anhu, “Pada suatu malam, saya salat malam bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau membuka salat dengan membaca surah al-Baqarah. Aku menduga mungkin Nabi akan ruku’ pada ayat ke-100, namun Nabi tetap melanjutkan bacaannya. Aku berpikir sepertinya beliau akan menghabiskan surat al-Baqarah di satu raka’at, setelah selesai satu surat ini, saya menduga beliau akan ruku’, ternyata beliau melanjutkan membaca surah an-Nisaa’, kemudian membaca surah Ali Imran. Beliau membaca dengan lambat, apabila beliau bertemu dengan ayat tasbih maka beliau bertasbih, apabila beliau bertemu dengan ayat yang mengandung doa maka beliau berdoa, apabila beliau bertemu dengan ayat ta’awwudz maka beliau memohon perlindungan kepada Allah, kemudian beliau rukuk dan mengucapkan ‘subhaana robbiyal ‘adzhiim’.

Lamanya beliau rukuk kurang lebih sama dengan lama berdirinya beliau, kemudian beliau (bangkit dari rukuk) mengucapkan ‘sami-allahu liman hamidah, robbanaa lakal hamd’, kemudian beliau berdiri lagi (i’tidal) dengan berdiri yang lama, sama dengan lama beliau ketika rukuk. Kemudian beliau sujud, beliau mengucapkan (dalam sujud beliau) ‘subhaana robbiyal a’laa. Lamanya sujud beliau sama mendekati lama waktunya berdiri beliau” (HR. Muslim)

Menurut ulama, pendapat yang kuat atau Rajih, adalah pendapat ketiga, yaitu antara panjang raka’at dengan banyak raka’at, sama-sama afdholnya. Mereka mendasarkan pada kedua hal sujud dan berdiri, yang masing-masing memiliki keistimewaan yang tidak ada pada yang lainnya. Sujud memiliki keistimewaan yang hanya ada pada sujud, yaitu sujud adalah posisi salat yang paling afdhol.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *