Islam Itu Mendunia, Bukan Menusantara

Islam Itu Mendunia
KH Luthfi Bashori
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.co.id – Rasulullah SAW itu diutus oleh Allah untuk seluruh umat di seluruh dunia, dengan membawa risalah agama Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Untuk itulah beliau SAW bersabda:

أُعْطِيتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ مِنْ الأَنْبِيَاءِ قَبْلِي: نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيرَةَ شَهْرٍ، وَجُعِلَتْ لِي الأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا، وَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلِّ، وَأُحِلَّتْ لِي الْغَنَائِمُ، وَكَانَ النَّبِيُّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُ إِلَى النَّاسِ كَافَّةً، وَأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ.

Aku diberikan lima perkara yang tidak diberikan kepada seorangpun dari Nabi-Nabi sebelumku: Aku ditolong melawan musuhku dengan ketakutan mereka dari jarak sebulan perjalanan, bumi dijadikan untukku sebagai tempat sujud dan suci, maka dimana saja seorang laki-laki dari umatku mendapati waktu shalat hendaklah ia shalat, dihalalkan harta rampasan untukku, para Nabi sebelumku diutus khusus untuk kaumnya sedangkan aku diutus untuk seluruh manusia, dan aku diberikan (hak) syafaat. (HR. Bukhari – Muslim).

Hadits ini selaras dengan firman Allah:

﴿وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيرًا وَنَذِيرًا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ﴾ [ سبأ: 28]

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada umat manusia seluruhnya, sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. [Saba: 28].

Jadi Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW itu sifatnya universal mendunia, bahwa beliau itu diutus kepada etnis Arab yang berada di berbagai negara, serta etnis non Arab yang berada di seluruh penjuru dunia.

Cinta tanah air itu hukumnya boleh saja, tetapi betapa salah dan sempitnya pemikiran orang yang hanya fanatik buta terhadap Islam Nusantara, apalagi dengan membanggakan diri hanya karena merasa dirinya dilahirkan di Nusantara, padahal sjaran Islam itu sendiri, tidak harus mengikuti tradisi dan kebudayaaan Nusantara.

Tradisi dan budaya Nusantara yang tidak bertentangan dengan ajaran Syariat, maka boleh dilestarikan oleh umat Islam, namun tradisi dan budaya yang bertentangan dengan Syariat ya wajib ditolak oleh umat Islam.

Bahkan kari kaum fanatisme kesukuan itu, masih ada di antara mereka yang berani berkoar-koar menolak keberadaan Islam Kuwait, Islam Saudi Arabiah, Islam Mesir, Islam Yaman, Islam Inggris, Islam Jepang, dll, hanya karena melihat entis dan suku kelahiran yang berbeda.

Rasulullah SAW bersabda:

وَلَيْسَ مِنَّا مَنْ مَاتَ عَلَى عَصَبِيَّةٍ

Bukan dari golongan kami orang yang mati karena fanatisme (kesukuan). (HR. Abu Dawud).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *