Ini Saldo Kekayaan Utsman bin Affan yang Abadi Hingga Kini

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID,- Salah satu sahabat Nabi terkaya adalah Utsman bin Affan. Kekayaannya terus berkembang hingga kini, meski saat hidup kekayaannya juga dipakai buat perjuangan Islam.

Hal ini terbukti pada jumlah kekayaannya yang diungkapkan melalui saldo rekening atas nama Utsman Bin Affan pada akun YouTube Islam Populer dan Dunia Islam berikut ini.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sifat kedermawanan Utsman Bin Affan telah terbukti pada saat ia menjadi sahabat Rasulullah dan memecahkan berbagai persoalan yang tengah dihadapi umat Islam kala itu. Berbagai permasalahan kecil hingga perang menjadi prioritas utama Usman Bin Affan semasa hidup.

Salah satunya yakni dengan memberikan sebagian harta kekayaannya untuk membantu umat Islam di kala mengalami musibah kekeringan. Kala itu, umat Islam harus rela antre dan berdesakan untuk mengambil air dari sebuah sumur yang dimiliki oleh seorang Yahudi dengan harga yang mahal.

Persoalan ini lantas membuat Rasulullah bersabda,

Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat maka akan mendapatkan surga-Nya Allah Ta’ala” (HR Muslim).

Melihat kenyataan yang menyayat hati dan mendengar sabda Rasulullah tersebut, Utsman Bin Affan pun seketika ingin membeli sumur milik seorang Yahudi tersebut. Pada awalnya , pemilik tak mau menjualnya. Lantas Utsman menawarnya untuk membeli separuhnya saja. Waktu kepemilikan sumur dibagi dua. Sehari untuk Utsman, sehari untuk orang Yahudi tersebut.

Tergiur dengan tawaran mahal dari Utsman, orang Yahudi itu pun setuju dan sepakat menjualnya separuh. Setelah itu, Utsman meminta umat Muslim untuk mengisi air di sumur tersebut buat kebutuhan dua hari sekaligus.

Alhasil, saat hari jatah kepemilikan orang Yahudi, tak ada satu pun yang membeli air. Selang berapa lama dia akhirnya memutuskan untuk menjual sumur tersebut seluruhnya kepada Utsman.

Tidak cukup di situ, kekayaan Utsman Bin Affan justru semakin meningkat. Tanah di sekitar sumur umat Islam atas namanya pun pada akhirnya juga menjadi salah satu harta kekayaannya yang digunakan untuk kepentingan bersama.

Hal tersebut terus dikembangkan dan menjadi perkebunan kurma hingga semasa pemerintahan Kerajaan Utsmaniyah dan kini Arab Saudi. Kebun yang ditumbuhi sebanyak 1.505 pohon kurma serta seluruh hasil wakaf tersebut kini dikelola oleh Kementerian Pertanian untuk diberikan kepada fakir miskin dan anak yatim.

Memiliki Rekening dan Akta Tanah Hingga Saat Ini

Selain itu, sebagian dari hasil wakaf tersebut lantas disimpan dalam rekening tabungan atas nama Utsman Bin Affan di bawah pengawasan Departemen Pertanian Arab Saudi. Melalui sebagian tabungan ini dibangunlah sebuah investasi umat dalam bentuk hotel berbintang lima yang terletak di samping Masjid Utsman Bin Affan, Markaziyah.

Oleh karena itu, kekayaannya yang terus mengalir tersebut membuatnya menjadi satu-satunya sahabat Rasulullah yang memiliki rekening serta akta tanah hingga saat ini meski telah wafat pada beberapa abad silam.

Isi Saldo Rekening Kini Rp2 Triliun Lebih & Bertambah Rp16 M Tiap Tahun

Saldo rekening yang tertera pada akun atas nama Utsman Bin Affan di Arab Saudi hingga kini mencapai Rp2.532.942.750.000. Hal ini tentu saja dikelola oleh Pemerintah Arab Saudi dengan pembagian yang sama rata kepada fakir miskin, upah pengelola, hingga harta yang disimpan kembali.

Tidak hanya itu, kekayaan dari Utsman Bin Affan ini diperkirakan terus bertambah sebanyak 50 juta rial atau setara dengan Rp16 miliar per tahunnya.

Hikmah

Hikmah yang dapat diambil dari sifat keteladanan sahabat Rasulullah ini tidak lain bahwa sedekah ataupun membagi harta kepada orang-orang yang membutuhkan tidak akan membuat seseorang tersebut menjadi miskin hingga turun derajat.

Hal ini justru akan membuat harta kekayaan seseorang akan bertambah, memberikan manfaat kepada orang lain, serta yang paling utama yakni mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT. (Fur/dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *