Hikmah Siang : Hak Tubuh dalam Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Para pekerja keras biasanya sering sekali mengabaikan hak tubuh. Di akhirat kelak, kita juga akan diminta pertanggung jawaban dalam merawat tubuh . Anda  perlu memahami tentang apa saja hak tubuh dalam Islam. Jangan terlalu memaksakan tubuh juga sampai sakit-sakitan, karena menghargai diri sendiri itu juga penting. Apa saja hak tersebut? kamu bisa langsung simak sampai selesai.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hak tubuh mendapatkan makanan halal dan bergizi

Beribadah berlebihan sampai melupakan hak tubuh juga tidak benar. Orang-orang yang melakukannya juga dianggap melampaui batas dan tidak disukai oleh Allah SWT. Semua ada takaran yang harus dipatuhi. Salah satu ibadah yang dilarang adalah berpuasa terus sampai lupa berbuka. Tubuh perlu mendapatkan nutrisi yang halal dan bergizi untuk bisa menjaga metabolisme berlangsung dengan baik. Jika metabolisme baik, maka orang tersebut akan bisa punya kekuatan untuk menjalankan ibadah.

Makan bergizi juga tidak harus yang mahal, asalkan mengkonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah bisa memberikan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain memberi tubuh makanan bergizi, penting juga dari sisi cara mendapatkannya. Kita perlu berjuang di jalan yang halal untuk mendapatkannya. Tidak boleh mencari dengan jalan yang haram. Makanan yang bergizi akan tidak berkah bila cara mencarinya juga salah dan tindakan ini bisa membuat Allah SWT murka.

Hak istirahat cukup

Kebiasaan begadang tidak baik bila dijalankan secara terus-terusan. Kita perlu membiarkan tubuh beristirahat. Bahkan rasa kantuk yang didera ketika akan shalat tahajud, tetap disarankan pelakunya tidur dahulu. Dengan beristirahat yang cukup, tubuh akan punya waktu regenerasi yang tepat. Tubuh akan mampu membuat sel yang baru untuk menggantikan sel yang sudah rusak. Orang-orang yang tidur cukup akan punya imunitas tinggi.

Jika imunitas tinggi, maka akan bisa semakin mengabdikan diri untuk jalan yang baik. Bagi siapapun yang masih hobi begadang, lebih baik berfokuslah dengan sungguh-sungguh di jam kerja. Jadi saat malam sudah tiba bisa tidur pulas. Kerjakan apa yang menjadi prioritas juga hari ini. Ibadah juga bisa menjadi lebih fokus ketika kita jalankan dengan badan fit.

Hak kebersihan

Hak yang diperlukan lainnya oleh tubuh adalah menjaganya untuk tetap bersih. Mandi secara rutin bisa membantu tubuh terhindar dari bermacam-macam penyakit kulit. Mandi juga bisa membantu kulit beregenerasi dan kinclong. Hal sepele seperti ini penting dilakukan oleh umat Muslim.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *