Mahfud MD dan Tokoh Lainnya: “Saya Berharap Kedepannya Sistem Pemilu Diperbaiki Agar Lebih Beradab”

Sistem Pemilu Diperbaiki Agar Lebih Beradab
Mahfud MD di UII yogyakarta


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 “Ke depan mesti dibangun politik dengan lebih berkeadaban,” kata Mahfud Seminar dengan tema : Evaluasi dan Gagasan ke Depan’

Hajinews.co.id – Pada Seminar Nasional “Pelaksanaan Pemilu 2024: Evaluasi dan Gagasan Masa Depan” di Kampus UII Yogyakarta, Mantan cawapres Nomor 3 Mahfud MD menyampaikan beberapa sambutan penting mengenai perbaikan sistem pemilu ke depan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ke depan mesti dibangun politik dengan lebih berkeadaban,” kata Mahfud Seminar dengan tema : Evaluasi dan Gagasan ke Depan’

“Bagi saya, yang penting negara ini harus terus berjalan, tidak boleh mandek apalagi menjadi kacau hanya karena pertengkaran yang tak kunjung selesai. Perjalanan menjaga negara dan keharusan munculnya pemerintahan sesuai dengan konstitusi harus dinomersatukan,” ucap mantan ketua MK tersebut.

Sengkarut Pemilu 2024 juga diulas dalam seminar itu. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Vid Adrison yang menjadi saksi ahli pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar di MK memaparkan terkait efektivitas bantuan sosial dalam meningkatkan suara pejawat (incumbent) atau kandidat yang didukung pejawat.

Menyikapi dugaan kecurangan Pemilu 2024, pakar hukum tata negara Bivitri Susanti menyarankan agar dilakukan perombakan sistem.

“Pihak-pihak yang diuntungkan oleh aturan main yang sekarang tidak akan mau mengubah apapun. Untuk itu juga harus ada persiapan menjaga Pilkada 2024,” ujarnya.

Perombakan sistem yang diusulkan Bivitri salah satunya terkait aturan politik uang, presidential threshold, pembatasan kekuasaan presiden melalui Undang-Undang (UU) Lembaga Kepresidenan, serta evaluasi penyelenggara pemilu dan evaluasi hukum acara PHPU.

.”Membutuhkan evaluasi dan perbaikan ke depan supaya tidak terulang lagi di 2029. Ini membutuhkan kekuatan penyeimbang,” ucap Bivitri.

Sumber: fusilatnews

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *