Hikmah Malam: Rahasia Dibalik Nama Muhammad Yang Terpopuler Saat Ini

Rahasia Dibalik Nama Muhammad
Nabi Muhammad


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idMuhammad merupakan nama yang suci dan erat kaitannya dengan Islam. Nabi sendiri mempunyai nama Muhammad, dan ternyata ada rahasia dibalik nama tersebut.

Dalam buku “Muhammad Al-Musthafa karya Herry Nurdi dijelaskan bahwa nama Muhammad terkesan asing di telinga orang Arab saat itu. Tidak ada anak yang diberi nama seperti Rasulullah SAW. Nama Muhammad merupakan nama baru yang rupanya menandakan lahirnya peradaban baru bagi umat yang diridhoi Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Nama Muhammad bukanlah nama pemberian manusia, melainkan nama yang diberikan Allah SWT kepada kakek dan ibu Rasulullah SAW. Hal tersebut dijelaskan dalam buku “Ajari Anakmu Berenang, Berkuda, dan Memanah karya Yuli Farida.

Ketika Nabi SAW lahir ke dunia, ia disambut bahagia oleh seluruh keluarganya. Terutama, Abdul Muthalib yakni kakek Nabi SAW, sangat gembira ketika tahu cucunya telah lahir.

Apalagi cucu itu merupakan anak dari putra yang paling ia sayangi yakni, Abdullah. Sayangnya, Abdullah wafat ketika Nabi SAW masih di dalam kandungan.

Abdul Muthalib yang sangat senang dengan kelahiran Nabi SAW lalu membawanya ke hadapan Ka’bah. Pada saat itulah, ia memberi nama bayi itu “Muhammad” yang berarti “terpuji.”

Rahasia di Balik Nama Muhammad

Terdapat sebuah riwayat yang menjelaskan bahwa nama Muhammad sebenarnya berasal dari Allah SWT, lalu disampaikan ke Aminah, ibunda Nabi SAW lewat sebuah mimpi. Aminah kemudian menceritakan mimpi tersebut kepada mertuanya, Abdul Muthalib.

Di dalam mimpi tersebut, Aminah harus memberi nama Muhammad untuk bayi yang tengah dikandungnya. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Buraidah dan Ibnu Abbas,

“Aminah bermimpi dalam tidurnya. Ia mendengar seseorang berkata kepadanya, ‘Engkau sedang mengandung manusia paling suci dan penghulu seluruh alam semesta ini. Maka, apabila engkau telah melahirkannya, berilah anakmu itu nama Ahmad, Muhammad,…, dan seterusnya.’”

Di dalam riwayat lain, diterangkan hal serupa sehingga memperkuat riwayat di atas. Dalam kitab ad-Dalâ’il, Ibnu Ishaq dan al-Baihaqi terdapat riwayat yang menyebut Aminah pernah didatangi oleh seseorang dalam mimpi ketika dirinya sedang mengandung Muhammad.

Orang itu berkata kepadanya, “Apabila anak ini telah lahir, berilah ia nama Muhammad. Sesungguhnya namanya di dalam kitab Taurat dan Injil adalah Ahmad. Semoga dengan nama itu ia dipuji oleh seluruh penghuni langit dan bumi. Sedangkan namanya di dalam Al-Qur’an adalah Muhammad.”

Sementara itu, Mahdi Rizqullah di dalam bukunya berjudul Biografi Rasulullah: Sebuah Studi Analitis Berdasarkan Sumber-Sumber yang Otentik, mengatakan bahwa Aminah, ibunda Rasulullah SAW, memberi beliau nama “Ahmad.”

Nama “Ahmad” diabadikan dalam firman Allah SWT dalam surah Ash-Shaff ayat 6 yang berbunyi,

وَاِذْ قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَمُبَشِّرًاۢ بِرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗٓ اَحْمَدُۗ فَلَمَّا جَاۤءَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ قَالُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata, “Wahai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu untuk membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi kabar gembira tentang seorang utusan Allah yang akan datang setelahku yang namanya Ahmad (Nabi Muhammad).” Akan tetapi, ketika utusan itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata.”

Nama Ahmad juga pernah dijelaskan dalam sebuah hadits, Ibnu Sa’ad meriwayatkan dari Ali RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Aku diberi nama Ahmad.”

Nama Muhammad sendiri merupakan nama yang baik, mengutip buku Ritual dan Tradisi Islam Jawa karya Muhammad Sholikhin, jika nama-nama yang terbaik adalah nama yang paling disukai oleh Allah SWT, maka nama-nama yang baik adalah nama yang disukai oleh Rasulullah SAW.

Salah satu nama yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah nama Ahmad atau Muhammad, sebagaimana beliau bersabda, “Namailah (diri dan anak kalian) dengan namaku…” (HR Bukhari Muslim)

Muhammad Jadi Nama Paling Populer di Dunia

Survei Global Index pada 2023 lalu menunjukkan Muhammad menjadi nama depan paling populer di dunia. Sebanyak 133.349.300 orang menggunakan nama Muhammad pada waktu itu.

Di Indonesia, Muhammad juga menjadi nama yang paling banyak digunakan pada bayi laki-laki sepanjang 2023. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI membagikan lima nama terfavorit pada 2023, empat di antaranya menggunakan awalan Muhammad.

Wallahu a’lam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *