Hikmah Pagi: Inilah Putri Rasulullah SAW Yang Menikah Beda Agama

Putri Rasulullah SAW Yang Menikah Beda Agama
Putri Rasulullah SAW Yang Menikah Beda Agama


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idRasulullah  SAW memiliki 7 generasi putra dan putri melalui pernikahannya dengan Khadijah binti Khuwailid. Konon salah satu putrinya tersebut menikah dengan pria berbeda agama.

Dia adalah Sayyidah Zainab RA, putri sulung Rasulullah SAW yang pernikahannya dengan Khadijah RA. Dikisahkan Zainab RA menikah dengan seorang Quraisy bernama Abul Ash atau Abu Al Ash bin Rabi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut buku Biografi 39 Tokoh Wanita Pengukir Sejarah Islam karya Bassam Muhammad Hamami, Zainab bernama lengkap Zainab binti Muhammad al-Amin bin Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim al-Qurasyiyyah al-Hasyimiyah. Saat itu, Zainab dilahirkan saat Rasulullah SAW berusia 30 tahun atau sekitar 23 tahun sebelum beliau hijrah ke Madinah.

Hari demi hari tahun demi tahun berlalu. Zainab RA tumbuh menjadi gadis dewasa. Hingga datanglah Abu Al Ash Bin Rabi untuk melamar.

Pernikahan Beda Agama Putri Rasulullah SAW

Dilansir dari buku Khadijah: Cinta Sejati Rasulullah karya Abdul Mun’im Muhammad Umar disebutkan, saat Zainab RA telah memasuki usia untuk menikah, banyak orang tua dari kaum Quraisy menginginkan anak lelakinya menikahi Zainab RA.

Hal ini lantaran Zainab RA adalah anak dari seorang yang dikenal paling jujur dan terpercaya yaitu Rasulullah SAW, serta menikahi Zainab RA artinya menjadi bagian dari keluarga yang terhormat di kota.

Hingga kemudian, Khadijah RA ingat bahwa saudaranya, Halah binti Khuwailid, mempunyai anak laki-laki yang seumuran dengan Zainab RA, bernama Abu Al Ash bin Rabi. Pemuda tersebut juga dikenal akan kejujurannya, sukses dalam berdagang, dan sifatnya yang bisa dipercaya.

Selanjutnya, Khadijah RA menemui Rasulullah SAW untuk menceritakan perihal Abu Al Ash yang ingin meminang Zainab RA.

Tidak diketahui apakah Abu Al Ash datang bersama keluarganya atau sendirian. Namun, Rasulullah SAW menyambut pinangannya dengan terbuka.

Pernikahan antara Zainab RA dan Abul Ash dilaksanakan setahun sebelum turunnya wahyu atau sebelum masa kenabian Rasulullah SAW Pada pernikahan itu Khadijah RA menghadiahkan sebuah kalung kepada Zainab RA.

Gejolak Pernikahan Zainab RA dan Abu Al Ash

Melansir buku Perempuan-Perempuan Mulia di Sekitar Rasulullah karya Muhammad Ibrahim Salim disebutkan, meski wahyu kenabian sudah diturunkan kepada Rasulullah SAW, Abu Al Ash tetap mempertahankan kepercayaan nenek moyang dengan menyembah berhala.

Pernikahan keduanya menjadi pernikahan beda agama hingga perpisahan mereka berdua tidak bisa dihindari. Pada masa hijrah ketika kaum muslimin pergi menuju Madinah, Zainab RA termasuk rombongan yang hijrah ke Madinah.

Suatu hari peperangan kaum kafir Quraisy dengan umat Islam pun terjadi, dalam rombongan kaum kafir Quraisy juga terdapat Abu Al Ash. Peperangan terus berlanjut hingga umat Islam berhasil meraih kemenangan.

Abu Al Ash termasuk dalam tawanan kaum muslimin Ketika kaum Quraisy menebus para tawanan dengan harta mereka, Zainab RA pun mengirim harta dan kalungnya untuk menebus suaminya, Abu Al Ash bin Rabi.

Ketika melihat kalung itu, hati Rasulullah SAW tersentuh sambil berkata kepada para sahabat, “Jika kalian berpendapat untuk membebaskan tawanan Zainab, dan mengembalikan uang tebusannya maka lakukanlah.”

Para sahabat menjawab, “Baik wahai Rasulullah SAW.” Dibebaskanlah Abu Al Ash, dan dikembalikan uang tebusan Zainab RA.

Hukum Islam melarang seorang wanita mukmin tidak boleh menikahi laki-laki kafir. Abu Al Ash yang mendengarnya kemudian menyetujui hal tersebut. Ketika kembali ke Makkah keluarga Abul Ash berkata, “Biarlah engkau menceraikan istrimu itu, dan kami akan mencarikan bagimu gadis yang jauh lebih cantik daripadanya.”

Keduanya pun berpisah. Abu Al Ash melepaskan Zainab RA ke Madinah. Hingga pada akhirnya, dikutip dalam buku 40 Putri Terhebat, Bunda Terkuat karya Tethy Ezokanzo Abu Al Ash diberi hidayah oleh Allah SWT dan masuk Islam.

Abu Al Ash kembali menyusul Zainab RA pada tahun ke 7 Hijriah. Rasulullah SAW sangat senang menerima menantunya kembali.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *