Hikmah Malam: Kisah Nabi Nuh AS menangis selama 300 tahun

Nabi Nuh AS menangis selama 300 tahun
Nabi Nuh AS


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idNabi Nuh AS pernah menangis 300 tahun setelah ditegur Allah. Dia diutus ke Bani Rasib selama ratusan tahun

Nabi Nuh AS memperoleh sekitar 70 pengikut selama masa kenabiannya dengan 8 anggota keluarganya. Nabi Nuh AS memiliki kesabaran dan kesabaran yang istimewa, itulah sebabnya ia terdaftar sebagai Rasul Ulul Azmi, sebagaimana disebutkan dalam buku “Sang Rasul Terkasih” karya Khalid Muhammad Khalid, diterjemahkan oleh Ganny Pryadharizal Anaedi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Bani Rasib mengabaikan Nabi Nuh AS. Mereka bahkan tidak segan untuk menyekutukan Allah, dan pada saat yang sama mereka sombong dan zalim.

Adapun, teguran yang diperoleh Nabi Nuh AS dari Allah SWT berkaitan dengan sang anak yang bernama Kan’an. Melansir buku Menengok Kisah 25 Nabi & Rasul susunan Ustaz Fatih, Kan’an adalah putra pertama Nuh AS. Ia sangat durhaka dan menyembunyikan rasa benci pada ayahnya.

Kan’an bahkan tak segan untuk pura-pura beriman. Kala itu, saat Nabi Nuh AS diminta untuk mengumpulkan seluruh umatnya di bahtera besar, ia memanggil Kan’an agar ikut dengannya.

Kan’an yang angkuh menolak ajakan sang ayah, ia tidak ingin beriman kepada Allah SWT begitu pula untuk ikut sang nabi naik ke bahtera. Sebagai seorang ayah, Nuh AS terus membujuk Kan’an meski air bah sudah mulai meninggi.

Percakapan keduanya termaktub dalam surah Hud ayat 43,

قَالَ سَـَٔاوِىٓ إِلَىٰ جَبَلٍ يَعْصِمُنِى مِنَ ٱلْمَآءِ ۚ قَالَ لَا عَاصِمَ ٱلْيَوْمَ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ إِلَّا مَن رَّحِمَ ۚ وَحَالَ بَيْنَهُمَا ٱلْمَوْجُ فَكَانَ مِنَ ٱلْمُغْرَقِينَ

Artinya: “Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang.” Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang yang ditenggelamkan.”

Saat keduanya sedang berdebat, muncul gelombang besar yang memisahkan antara bahtera Nuh AS dan anaknya, Kan’an. Gelombang itu melenyapkan Kan’an dari pandangan Nabi Nuh AS.

Sang nabi memohon kepada Allah SWT untuk menyelamatkan putra sulungnya itu. Lalu Allah SWT berfirman dalam surah Hud ayat 46,

قَالَ يٰنُوْحُ اِنَّهٗ لَيْسَ مِنْ اَهْلِكَ ۚاِنَّهٗ عَمَلٌ غَيْرُ صَالِحٍ فَلَا تَسْـَٔلْنِ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ ۗاِنِّيْٓ اَعِظُكَ اَنْ تَكُوْنَ مِنَ الْجٰهِلِيْنَ ٤٦

Artinya: “Dia (Allah) berfirman, “Wahai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu karena perbuatannya sungguh tidak baik. Oleh karena itu, janganlah engkau memohon kepada-Ku sesuatu yang tidak engkau ketahui (hakikatnya). Sesungguhnya Aku menasihatimu agar engkau tidak termasuk orang-orang bodoh.”

Bunyi ayat itu merupakan teguran Allah SWT terhadap Nabi Nuh AS. Setelah itu, Nuh AS menangis berkepanjangan hingga 300 tahun lamanya, seperti dikisahkan dalam riwayat Imam Ahmad dalam Kitab Az-Zuhud yang dikutip dari buku Tuhan Izinkan Aku Menangis Padamu: 200 Kisah Air Mata yang Menetes karena Takut pada Allah tulisan Majdi Fathi Sayyid terbitan Mirqat Publishing Group.

Saking sayangnya Nabi Nuh AS terhadap Kan’an, tangisannya selama ratusan tahun itu menyebabkan kedua matanya seperti ada garis bekas aliran air mata.

Wallahu a’lam

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *