Hikmah Malam: Ada Hewan yang Tak Disukai Rasulullah SAW, Apa Sajakah Itu?

Hewan yang Tak Disukai Rasulullah SAW
Tokek


banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idRasulullah SAW memberikan teladan yang luar biasa bagi umatnya. Setiap tindakan mempunyai makna yang perlu dipahami. Seperti Rasulullah SAW , beliau mengizinkan dan menganjurkan membunuh beberapa hewan di dunia.

Di bawah ini adalah nama-nama hewan yang tidak disukai Rasulullah SAW. Ini adalah hewan-hewan yang tidak disukai Rasulullah SAW, dan jika melihatnya, mereka boleh dibunuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Tokek

Diriwayatkan Muslim dari Sa’ad bin Abi Waqqash, mengenai perintah membunuh tokek:

أَنَّ النَّبِيَّ – أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَعْ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا

Artinya: “Nabi SAW memerintahkan untuk membunuh tokek, beliau menyebut hewan ini dengan hewan yang fasik.”

Dari buku Perjalanan Ruh Siapkan Dirimu Sebelum Mati karya Yovi Kurniawan terdapat pendapat yang mengatakan hewan wazagh bahasa Indonesia adalah cicak, namun ada pendapat lain mengatakan wazagh bukan cicak, melainkan tokek ukurannya lebih besar dari cicak.

Seperti hadits di bawah ini:

“Barangsiapa yang membunuh wazagh dalam pukulan pertama, maka dicatatlah untuknya seratus kebaikan dan dalam pukulan kedua di bawahnya itu dan dalam pukulan ketiga di bawahnya itu pula.” (HR. Muslim)

  1. Cicak

Hadis riwayat Bukhari dari Ummu Syarik tentang perintah Nabi Muhammad SAW membunuh cicak.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – – أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَعْ وَقَالَ, السَّلَامُ عَلَيْهِ إِبْرَاهِيمَ عَلَ يَنْفُخُ كَانَ

Artinya: “Rasulullah SAW. memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Nabi Ibrahim AS.”

Dari arsip Detik Hikmah bahwa Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam As-Sulmi telah menerjemahkan dengan detail mengenai masalah tersebut dalam bukunya yang berjudul Jawaban Pertanyaan Rumit dalam Islam, yang menjelaskan:

“Yang dimaksudkan dari banyak nya pahala dalam pukulan pertama sewaktu membunuh cicak adalah anjuran untuk berinisiatif atau bergegas membunuhnya dan anjuran untuk membunuhnya dalam sekali pukulan. Jika ingin memukulnya beberapa kali, boleh jadi cicak justru bisa kabur dan usahanya menjadi gagal (karena kehilangan fokus lantaran asal pukul saja). Wallahu’alam.” terang Imam Nawawi.

Selanjutnya, kita perlu memverifikasi apakah istilah “al-auzagh” dalam hadis tersebut merujuk kepada jenis cicak seperti yang sering kita jumpai di rumah atau tidak. Imam An-Nawawi dalam penjelasannya tentang Sahih Muslim menjelaskan bahwa “auzagh” atau cicak yang disebutkan dalam hadis tersebut adalah jenis cicak yang dikenal sebagai saamul abrash, yaitu cicak yang dapat menyebarkan penyakit.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *